AC Mobil Tidak Dingin? Inilah 5 Penyebab Umur AC Mobil Anda Tidak Awet

AC-Mobil-Tidak-Dingin-Inilah-5-Penyebab-Umur-AC-Mobil-Anda-Tidak-Awet

Perawatan AC mobil yang baik bisa membuat umur mesin pendingin mencapai angka 10 tahun. Bila tidak dirawat dengan benar, pemakaian suku cadang hanya bisa berumur 2 sampai 3 tahun saja. Ternyata penyebab AC mobil tidak dingin dan tidak tahan bertahun-tahun bisa disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan pengemudi atau pemilik kendaraan. Apa saja? Yuk, simak 5 penyebab utama umur AC mobil Anda tidak tahan lama berikut! 

1. Membiarkan jendela kaca mobil terbuka lama saat menyalakan AC 

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang tanpa disadari adalah kebiasaan membuka jendela kaca mobil terlalu lama saat menyalakan AC. AC mobil berfungsi dengan kinerja kompresor yang lebih berat dibandingkan Anda menutup jendela kaca mobil. AC mobil tidak dingin atau perlu usaha keras kompresor untuk mencapai temperatur ideal kabin mobil. 

Kondisi ini akan lebih parah kalau dibarengi dengan kepulan asap rokok. Tak hanya kompresor saja yang harus bekerja keras, evaporator dan filter pada AC mobil bakal lebih mudah kotor. Jangan heran kalau Anda harus mengganti filter dalam hitungan waktu 1 bulan saja. Normalnya filter kabin bisa berusia hingga 3 bulan lho! 

2. Penggunaan cairan pewangi dalam mobil 

AC mobil bisa saja menjadi tidak dingin karena Anda suka menggunakan cairan pewangi terutama bentuk gel yang bisa menguap. Uap dari cairan pewangi akan kembali menjadi gel saat terkena udara di bagian evaporator. Efek buruknya gel cairan pewangi akan mengendap dan tertinggal di bagian evaporator. 

Lalu, adakah solusi membuat kabin mobil tetap wangi dan segar tanpa adanya cairan pewangi? Tips agar kinerja AC bisa maksimal dan berumur panjang adalah gunakan produk pewangi alami seperti bubuk kopi atau daun pandan. Selain lebih ramah lingkungan, Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli cairan pewangi, bukan? 

3. Jaga kebersihan kabin dengan baik 

Melakukan service AC mobil secara rutin minimal satu tahun sekali bisa menjaga kinerja mesin AC tetap bagus. Namun, Anda juga harus melakukan perawatan sendiri dengan baik. Jaga kebersihan kabin mobil Anda dari debu, kotoran dan sisa makanan yang tertinggal. 

Jika kabin mobil Anda kotor, maka kotoran akan terserap oleh AC dan dihembuskan kembali. Jangan heran kalau filter AC mudah kotor dan udara yang dihembuskan pun tak baik untuk kesehatan Anda. 

4. Biarkan sirkulasi udara mobil berganti dengan udara luar 

Meskipun tidak terus menerus, Anda harus membiarkan sirkulasi udara dalam mobil berganti dengan udara luar sesekali. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko udara dalam kabin terlalu kotor dan mengganggu kesehatan pernapasan Anda dan keluarga yang lain. Waktu ideal untuk melakukan kebiasaan baik ini sekitar dua minggu sekali dalam durasi waktu 15 sampai 20 menit saja. 

5. Pastikan mesin AC mati saat Anda mematikan kendaraan 

Penyebab umur AC tidak berumur panjang karena Anda suka mematikan mesin mobil dengan kondisi mesin AC yang masih menyala. Pada saat hendak menyalakan mesin mobil kembali, starter beban listrik bakal lebih besar. Jangan heran kalau AC mobil Anda mudah rusak khususnya sistem kelistrikan AC. Selain itu, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan kerusakan aki. 

5 penyebab AC mobil tidak bisa berumur panjang di atas wajib Anda ketahui dan hilangkan kebiasaan buruk mulai sekarang. Rajin rawat AC Anda agar terhindar dari masalah AC mobil tidak dingin. Lakukan service AC mobil berkala agar kinerja mesin pendingin kendaraan Anda tetap optimal ya! 

Posting Komentar

0 Komentar