Segera Lakukan Perbaikan Pada Motor 4-Tak Bila Knalpotnya Mulai Ngebul


Sepeda motor telah jadi moda transportasi jagoan warga urban. Bahkan juga, beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu roda dua menyemut saat di jam-jam repot. 

Antara pemotor itu, tidak dikit dari mereka yang abai masalah keadaan tunggangannya. Dari mulai matinya lampu rem sampai yang terberat biarkan asap mengepul. Ya, untuk motor 2-tak mungkin ini lumrah, tetapi buat motor 4-tak ini jadi tanda-tanda jelek. 

Ada banyak pemicu kenapa knalpot pada motor 4-tak dapat keluarkan asap. 

Umumnya ring piston serta sehernya telah lemah, kompresi oli bocor terkena pembakaran di busi tercampur bensin karena itu oli kebakar jadi asap. Jika dibiarin oli mesin akan habis, dapat ngebuat ring piston, seal klep serta seher baret. 

Endang memberikan tambahan, ‘baretnya’ piston juga bisa karena penggunaan filter udara yang tidak standard, jarang-jarang dibikin bersih bahkan juga tidak menggunakan filter udara. Kotoran yang masuk ke ruangan bakar akan membuat piston tergesek. 

Motor dapat ngebul karena kekeliruan pemakainya, dapat dari langkah bawa serta kendaraan yang kasar, jarang-jarang ubah oli, serta servis yang tidak teratur, dan melepas part pada motor. 

Lalu bagaimanakah cara melakukan perbaikan motor ngebul? Endang merekomendasikan untuk lakukan servis besar serta lakukan pergantian elemen. 

Ingin tidak ingin harus dibongkar, Cek elemen mana yang rusak serta harus ditukar, jika dipaksain terus menerus oli mesin selalu kebakar, paling parahnya mesin motor akan bobol. 

Untuk usaha mencegah pada motor 4-tak, Lakukan pergantian oli dengan teratur optimal setiap 3.000 km serta lakukan servis periodik untuk lihat keadaan ring piston, kompresi, serta blok mesin masih dalam kondisi normal.

Posting Komentar

0 Komentar