Tanpa Pewarna Pun Anda Dapat Mengembalikan Warna Asli Rambut Dengan Cara Berikut


Timbulnya rambut putih bukan sekedar dikarenakan oleh penuaan semata-mata. Keadaan ini dapat juga berlangsung bertambah cepat sebab depresi serta bahan kimia dari produk perawatan rambut. Untuk kembalikan warna rambut, sebagian orang mungkin pilih langkah yang lebih praktis, yakni memberi warna rambut. 

Sayangnya, tidak kebanyakan orang dapat memberi warna rambut dengan sesuka hati. Khususnya mereka yang mempunyai alergi dengan bahan pewarna rambut. Namun, ini pasti bukan kendala untuk Anda mempunyai warna rambut yang bercahaya seperti yang lalu. Yuk, baca langkah alaminya di bawah ini. 

Langkah alami kembalikan warna rambut 

Kadang-kadang Anda barangkali sempat temukan uban atau rambut pecah berwarna kemerahan. Walau tidak begitu kelihatan, terkadang kita akan merasakan terusik. 

Itu penyebabnya, cara-cara alami tersebut bisa menolong jaga serta kembalikan warna rambut Anda masih bercahaya, salah satunya: 

1. Mengonsumsi makanan yang tingkatkan melanin 

Satu diantara langkah untuk kembalikan warna rambut ialah tingkatkan produksi melanin pada tubuh. 

Meskipun langkah berikut tidak 100% membuat rambut yang abu-abu atau kemerahan jadi hitam kembali, paling tidak warnanya dapat bertambah gelap. 

Melanin ialah pigmen (zat warna) kulit serta rambut. Melanin dibuat dari beberapa sel melanosit yang membuat warna kulit serta rambut bertambah gelap. Nah, Anda dapat tingkatkan produksi melanin ini melalui makanan. 

Makanan memiliki kandungan beberapa nutrisi yang diperlukan oleh sel badan, terhitung sel melanosit. Beberapa makanan yang dapat diakui tingkatkan produksi melanin, yakni: 

  • Anti-oksidan 
Anti-oksidan didapati dapat tingkatkan melanin pada tubuh hingga menolong kembalikan warna rambut. 

Contoh-contoh anti-oksidan ialah flavonoid atau polifenol, yang gampang didapati pada sayur dan buah. Senyawa yang ampuh menantang radikal bebas ini dapat banyak sekali didapati pada sayuran berdaun hijau gelap serta cokelat hitam. 

  • Vitamin A, B12, serta B16 
Tidak hanya anti-oksidan, makanan yang memiliki kandungan beberapa vitamin dapat tingkatkan melanosit hingga menolong kembalikan warna rambut dengan alami. 

Vitamin itu bahkan juga bukan sekedar tingkatkan melanin, dan juga memberikan nutrisi rambut serta kulit kepala. Contohnya saja, vitamin A punya pengaruh pada produksi sebum (minyak) kulit kepala hingga membuahkan sesuai dengan yang diperlukan. 

Vitamin B12 serta B16 adalah dua vitamin B kompleks yang seringkali direferensikan untuk menahan rambut ubanan sekaligus juga kembalikan warna rambut yang beralih karena kekurangan vitamin. 

Anda bisa temukan vitamin ini pada buah jeruk, strobery, sayuran hijau, kedelai, kacang-kacangan, telur, ikan, serta daging merah. 

2. Kurangi paparan cahaya matahari 

Dikutip dari situs Cleveland Clinic, warna rambut bisa beralih bertambah jelas karena paparan cahaya matahari. 

Cahaya UVA serta UVB dari matahari didapati mengakibatkan kerusakan protein rambut, yaitu keratin. Mengakibatkan, rambut jadi kering, ringkih, serta pecah-pecah. 

Untuk kembalikan warna rambut seperti awal serta pastikan rambut tidak makin rusak, Anda butuh kurangi paparan cahaya matahari. Lihat beberapa tips-nya di bawah ini. 

Pilih untuk pergi ke luar di waktu pagi atau sore hari, waktu matahari tidak menusuk. 
Gunakan topi atau payung waktu keluar rumah di siang hari. 
Pakai conditioner sesuai type rambut Anda supaya rambut lebih terproteksi dari paparan cahaya matahari. 

3. Pikirkan minum suplemen 

tahap selanjutnya untuk menolong kembalikan warna rambut indah seperti yang lalu dengan minum suplemen. Tetapi, sebelum memakainya, tanyakan terlebih dulu dengan dokter. 

Suplemen yang umumnya direferensikan untuk jaga warna rambut, mencakup: 

  • Suplemen PABA (Para-Amino Benzoic Acid). PABA adalah sisi dari vitamin B kompleks yang dapat menahan rambut ubanan serta kembalikan rambut ke warna aslinya. 
  • Suplemen vitamin A, B6, serta B12. Pada beberapa masalah, satu orang mungkin direferensikan untuk minum suplemen ini sebab kurang bila tergantung pada makanan saja. 
  • Biotin serta inositol. Gabungan suplemen ini seringkali diresepkan untuk jaga warna rambut masih sehat. 

Kembalikan warna rambut dengan alami memang tidak dapat instant secepat Anda mengecatnya. Diperlukan waktu yang lama sampai hasilnya betul-betul kelihatan. 

Jadi, yakinkan Anda berkelanjutan serta memberikan perhatian spesial pada kesehatan rambut Anda.

Posting Komentar

0 Komentar