5 Tips Perawatan AC Mobil Agar Tetap Dingin


AC atau sistem pendingin merupakan salah satu fitur andalan dalam memberikan kenyamanan saat berkendara. Fitur ini sering sekali digunakan, apalagi ketika Anda melakukan perjalanan yang sangat jauh hingga berjam-jam lamanya. Karena fitur ini sering sekali digunakan, sudah selayaknya dirawat dengan baik agar bekerja secara maksimal dan tidak mengalami kerusakan AC mobil tidak dingin karena kerusakan beberapa komponen di dalamnya. 

Tips Merawat AC Mobil 

Perawatan AC mobil dapat Anda lakukan secara berkala, minimal sebulan sekali ke bengkel. Hal ini perlu dilakukan agar AC mobil Anda tetap bisa bekerja maksimal saat digunakan. Karena tidak sedikit orang-orang yang bermasalah dengan AC mobil, misalnya saja udara yang dikeluarkan bau apek atau kurang sedap ataupun udara yang dikeluarkan kurang dingin. 

Nah, untuk mencegah hal-hal ini terjadi ada tips bagaimana cara merawat AC mobil di bawah ini. 

1. Perhatikan Kebocoran pada Selang atau Pipa AC 

Untuk memastikan AC mobil Anda tetap dingin, salah satunya dengan mengecek kebocoran pada selang atau pipa AC. Kerusakan pada selang sering sekali terjadi dikarenakan usia pemakaian part. Kebocoran ini akan membuat freon selalu berkurang karena keluar melalui lubang-lubang pipa. Dengan demikian, perlunya Anda melakukan perawatan pada selang atau pipa AC mobil Anda. 

2. Cek Kondisi Evaporator dan Kondensor 

Sering sekali terjadi kerusakan pada evaporator dan kondensor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin lagi. Biasanya kerusakan ini disebabkan oleh usia pemakaian part atau bisa juga terkena benda dan kotoran kecil. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkan evaporator atau kondensor secara berkala agar AC tetap berjalan dengan normal. Melakukan perawatan dengan mengecek komponen di dalam AC sangatlah penting. 

3. Cek Kondisi Kompresor 

Pada umumnya, kerusakan pada AC mobil sering terjadi karena jarang melakukan pengecekan, salah satunya pada kompresor. Untuk mengetahui kondisi kompresor yang rusak biasanya akan terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin di mana kompresor itu berada. Ketika Anda melakukan pengecekan, jangan lupa pastikan juga putaran kompresor berputar sangat kencang. 

4. Jaga Kebersihan Kabin Mobil 

Untuk menjaga AC selalu dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat debu ialah memastikan kabin mobil Anda bersih. Karena kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil. 

Debu-debu itu bisa saja masuk ke dalam AC saat dinyalakan, kemudian merusak komponen yang lainnya. Daripada AC mobil Anda rusak karena hal-hal sepele seperti ini, lebih baik membersihkannya secara berkala. 

5. Lakukan Servis AC Mobil Secara Berkala 

Di atas sempat disinggung terkait servis AC mobil yang perlu Anda lakukan secara berkala. Karena hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan secara teratur. Kemudian penggantian parts pada sistem pendingin juga jadi terdeteksi lebih dini, entah itu diganti karena kerusakan atau karena usia yang sudah tua. Dengan demikian, melakukan servis mobil secara berkala sangat penting Anda lakukan demi AC mobil tetap bekerja secara maksimal. 

Demikianlah beberapa tips merawat AC mobil secara berkala agar tetap dingin. Berbicara tentang service AC mobil, ada beberapa rekomendasi bengkel terpercaya yang dapat mengecek komponen AC dengan baik. Rekomendasi service AC mobil ini dapat Anda cek melalui video di bawah ini agar lebih memahaminya. Kepuasan Anda atas jasa bengkel akan Anda dapatkan ketika melakukan perawatan AC mobil di bengkel rekomendasi. 

Posting Komentar

0 Komentar