6 Kebiasaan yang Bermanfaat Selain Bikin Sehat, Rumah Juga Bersih dan Rapi


Ada banyak rutinitas seharian yang dapat Anda aplikasikan dalam jaga kebersihan rumah, dari mulai bersihkan tempat tidur pada pagi hari sesudah bangun tidur, sampai melepas alas kaki waktu pulang ke rumah. Untuk keterangan yang lebih komplet, baca penjelasan di bawah ini. 

1. Bersihkan tempat tidur selekasnya sesudah bangun tidur 

Salah satunya rutinitas yang dapat Anda aplikasikan untuk jaga kebersihan rumah ialah bersihkan tempat tidur tiap hari. Waktu yang pas untuk mengerjakannya ialah sesudah Anda bangun tidur. Untuk memudahkannya, pakai seprai yang sederhana serta tidak berlapis. Kurangi jumlahnya bantal yang berada di atas kasur bila memang tidak diperlukan. 

Bila diaplikasikan dengan teratur, pekerjaan ini bisa memudahkan Anda waktu akan bersihkan rumah secara detail sebab Anda membereskan tempat tidur telah jadi sisi dari pekerjaan seharian yang tetap Anda kerjakan. 

2. Membersihkan pakaian tiap hari 

Walau berasa berat, sebetulnya membersihkan pakaian tiap hari tambah lebih mudah dibanding menumpuknya diakhir minggu. Masalahnya jumlahnya baju yang Anda bersihkan sehari-harinya pasti tidak sekitar yang Anda bersihkan diakhir minggu. Diluar itu, ini bisa menjadi rutinitas yang memudahkan Anda pada jaga kebersihan rumah. 

Kenapa demikian? Sebab pakaian kotor di dalam rumah Anda telah dicuci sehari-harinya. Sesaat, bila Anda membersihkan tiap 1 minggu sekali, pakaian kotor Anda akan menumpuk sepanjang 1 minggu penuh. 

Bila Anda merencanakan bersihkan rumah keseluruhannya diakhir minggu, pekerjaan membersihkan tumpukan pakaian kotor sepanjang satu minggu bisa memberatkan. Oleh karenanya, semakin lebih baik bila Anda melatih diri membersihkan pakaian tiap hari. 

3. Mengelap dapur serta meja makan tiap malam 

Pekerjaan ini tidak mengonsumsi banyaknya waktu. Anda mungkin dapat mengerjakannya dalam tempo kurang dari lima menit. Karena itu, tidak ada kelirunya mengerjakannya tiap hari. Masalahnya permukaan meja makan serta meja dapur tidak selama-lamanya bersih, walau kelihatan demikian. 

Rutinitas ini dapat jadi salah satunya rutinitas lain yang bisa menolong Anda jaga kebersihan rumah, terutamanya ruangan makan serta dapur. Pakai lap yang telah dibasahi dengan air sabun untuk bersihkan semua permukaan meja dari tersisa makanan, kotoran, serta kuman dan bakteri yang mungkin melekat disana. 

Dengan mengerjakannya dengan teratur tiap hari, Anda dapat menolong memperhatikan kesehatan keluarga sebab bila dapur serta meja makan dibiarkan kotor, bisa kuman serta bakteri hinggap di makanan hingga membuat orang yang mengkonsumsinya rawan sakit. 

4. Melepas sepatu waktu akan masuk ke rumah 

Waktu Anda ada di luar rumah, Anda mungkin tidak mengerti sepatu atau alas kaki yang Anda pakai sudah mencapai beberapa hal yang kotor. Walau tidak basah ataukah tidak kelihatan, kuman, bakteri, serta beberapa kotoran lain tentu melekat dibawah alas kaki yang Anda pakai di luar. Bila Anda tidak melepas alas kaki waktu masuk rumah, kotoran yang melekat akan mengotori lantai rumah Anda. 

Untuk mengakalinya, Anda harus lakukan rutinitas melepas sepatu tiap masuk ke rumah untuk jaga kebersihan rumah Anda. Ini harus juga diaplikasikan oleh yang tinggal di rumah yang lain. Dengan demikian, Anda semakin lebih mudah waktu akan menyapu serta mengepel lantai sebab Anda serta yang tinggal di rumah sudah meminimalkan kotoran yang masuk ke rumah. 

5. Membersihkan piring sesudah makan 

Sesudah usai makan, lakukan diri untuk selekasnya membersihkan piring atau mangkuk yang Anda pakai untuk makan, terhitung sendok serta garpunya. Dibandingkan menanti piring kotor menumpuk, bersihkan piring selekasnya sesudah makan salah satu rutinitas yang dapat Anda aplikasikan untuk jaga kebersihan rumah. 

Masalahnya menurut salah satunya artikel yang dimuat di KidsHealth, piring kotor yang dibiarkan menumpuk dapat ‘mengundang’ kecoak untuk hadir ke rumah. Diluar itu, piring kotor dapat jadi sumber datangnya kuman serta bakteri yang dapat menebar di semua rumah. Maka, dibanding menanti piring kotor menumpuk, lebih baik bila Anda selekasnya bersihkan tiap piring yang Anda pakai untuk makan pas sesudah usai memakainya. 

6. Membersihkan rumah sepanjang 15 menit tiap malam 

Sebelum tidur, ajak semua yang tinggal di rumah untuk bersihkan rumah sepanjang 15 menit. Pusatkan pekerjaan bersihkan rumah ini pada ruang yang penting untuk dibikin bersih. Membersihkannya bersama pasti mengurangi beban Anda. 

Diluar itu, rutinitas ini kurangi beban Anda, sebab pekerjaan ini benar-benar efisien dalam menolong Anda jaga kebersihan rumah. Dengan mengerjakannya tiap malam, area-area kotor di dalam rumah Anda juga menyusut. Jadi, waktu Anda akan bersihkan rumah keseluruhannya, Anda tidak memerlukan waktu lama sebab ruang yang perlu dibikin bersih tidak banyak.

Posting Komentar

0 Komentar