Tips Jitu Perawatan Kompor Gas Agar Bersih Dan Awet


Kompor merupakan peralatan utama rumah tangga yang harus dijaga. Begitu pula, penggunaan kompor gas yang sembarangan tanpa mempedulikan perawatannya akan membuat anda harus mengorbankan uang untuk membeli kompor baru. Bagi anda yang belum tau cara merawat kompor, yus simak disini.
 

Tips Jitu Perawatan Kompor Agar Awet

 

1. Bersihkan Permukaan Kompor Setelah Menggunakannya

Membersihkan kompor setelah menggunakannya secara rutin dapat mencegah timbulnya kerak dan jamur yang dapat mengendap di permukaan kompor. Kegiatan ini dapat mempermudah anda untuk membersihkan kompor secara keseluruhan nantinya. Selain itu, kerak dan jamur yang mengendap di kompor jika tidak dibersihkan juga menyebabkan kompor mudah keropos dan rusak.
 
Selain itu, anda sebaiknya menunggu sejenak kompor agar lebih dingin. Hal ini berguna untuk menghindari agar tangan anda tidak terluka akibat kondisi kompor gas yang masih panas. Begitu pula, merawat kompor dengan seksama dapat membuat kompor anda tetap bersih dan awet hingga tahan lama.
 

2. Gunakan Krim Khusus Untuk Membersihkan Tungku

Tungku adalah komponen utama yang harus diperhatikan dalam kompor Karena tungku dapat berpengaruh terhadap kondisi kompor anda. Jika anda memiliki masalah api merah dan kecil, bisa jadi ini terjadi karena kondisi tungku kompor kotor. Akibatnya, aliran udara yang menuju burner terhambat karena banyaknya kotoran yang menghambat ventilasi.
 
Selain itu, anda juga harus berhati-hati dalam membersihkan tungku karena dapat menyebabkan api sulit menyala. Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan tungku adalah mengoleskan krim khusus pada kompor. Kemudian, tungku dapat digosok menggunakan lap atau spons dan tidak perlu dibilas dengan air.
 

3. Cek Regulator Dan Tabung Gas Secara Rutin

Mengecek regulator dan tabung gas harus sering dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan anda. Selain menghindari gas habis di tengah-tengah memasak, kebocoran regulator juga dapat menjadi hal yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kebakaran. Bahkan, membersihkan selang dan regulator juga dapat dilakukan untuk menghindari kebocoran.
 
Sebagai ibu rumah tangga, kompor adalah peralatan penting yang digunakan sehari-hari untuk memasak. Bagi anda yang menginginkan kompor tetap bersih dan awet, membersihkan secara berkala merupakan hal yang wajib dilakukan. Tips di atas adalah hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kualitas kompor.

Posting Komentar

0 Komentar