Yuk Intip 5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Salah satu bahan dapur yang bernama ilmiah Allium cepa ini umumnya dikenal sebagai bumbu dan pelengkap masakan. Rasa dan aromanya yang khas, tak ayal membuat bawang bombay sering diandalkan sebagai penyedap.
 
Namun, tak hanya untuk makanan saja, bahan ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Yuk, intip apa saja manfaat bawang bombay untuk kesehatan.
 

Kegunaan Bawang Bombay Untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kelompok bawang ini memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Diantara gizi yang dimiliki adalah air, protein, karbohidrat, serat, lemak, natrium, kalium, kalsium, besi, zink, karoten, serta vitamin C dan B2. Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang dibawakannya, bawang Bombay termasuk jenis bahan makanan yang padat zat gizi, tinggi vitamin, mineral dan antioksidan, namun rendah kalori.
 
Banyaknya nutrisi yang dimiliki, tentunya membuat bawang bombay memiliki potensi baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang dari bahan ini adalah mampu menjaga kinerja jantung dan pembuluh darah. Adanya kandungan kalium membuat Bombay mampu berperan dalam menurunkan tekanan darah. Sedangkan hadirnya quercetin, dapat membantu kinerja kalium dalam menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
 

2. Menguatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat bawang Bombay untuk kesehatan lainnya yaitu berperan dalam menguatkan daya tahan tubuh. Adanya kandungan polifenol dalam bahan masakan tersebut bertindak sebagai antioksidan, yang akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan berkurangnya radikal bebas, tentunya akan mendorong sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat.
 
Selain itu, dengan hadirnya quercetin ternyata tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung saja. Salah satu kelompok senyawa flavonoid tersebut juga berperan penting dalam mengurangi reaksi alergi. Dalam hal ini, quercetin akan menghentikan produksi histamin di dalam tubuh, dengan begitu akan membantu menangani reaksi alergi seperti bersin atau gatal yang muncul.
 

3. Mencegah Potensi Kanker

Tak banyak yang tahu, ternyata sayuran kelompok Allium ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker, terutama pada usus besar dan perut. Hal tersebut dikarenakan dalam bawang Bombay sarat akan kandungan organosulfur. Memang belum diketahui dengan jelas mekanisme senyawa tersebut dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, adanya organosulfur berperan untuk mencegah pembentukan radikal bebas.
 
Selain itu, dalam bahan dapur ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sehingga, membuat bawang Bombay membawa potensi yang besar untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker. Disamping itu, hadirnya quercetin pada Bombay dapat menjadi agen anti kanker yang kuat. Orang yang memakan bawang jenis ini akan menyerap quercetin tiga kali lebih banyak dibandingkan individu yang mengkonsumsi apel.
 
Hal itulah yang membuat bawang Bombay baik untuk mencegah terjadinya kanker, serta berpotensi untuk menangani efek samping akibat pengobatan kanker. Menariknya lagi, sebuah studi juga membuktikan jika mengkonsumsi Bombay segar mampu mengurangi resistensi insulin dan hiperglikemia pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Itulah manfaat bawang Bombay segar untuk menjaga kesehatan.
 

4. Menjaga Mood

Disamping banyaknya nutrisi yang dimilikinya, ternyata dalam bawang Bombay juga ditemukan adanya kandungan folat. Adanya senyawa tersebut berperan dalam mengurangi gejala depresi. Selain itu, hadirnya folat juga mampu mengurangi terbentuknya homosistein. Dimana, adanya senyawa tersebut bisa mencegah darah dan zat gizi tidak bisa mencapai otak dengan maksimal.
 
Dengan berkurangnya senyawa homosistein, maka produksi zat kimia dalam otak seperti dopamine, serotonin, dan norepinefrin dapat berlangsung dengan lancar. Ketika pembuatan zat tersebut lancar, maka akan membuat kinerja otak lebih optimal dalam mengatur suasana hati, memperbaiki siklus tidur, bahkan juga berperan dalam meningkatkan nafsu makan.
 

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Adapun manfaat bawang Bombay lainnya adalah mampu menjaga fungsi kerja sistem pencernaan. Pasalnya, dalam bahan makanan ini memiliki kandungan serat khusus yang disebut dengan oligofructose. Serat larut inilah yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga fungsi pencernaan bisa berjalan dengan maksimal.
 
Bawang Bombay mempunyai banyak kandungan gizi baik, seperti dari vitamin, mineral, antioksidan dan masih banyak lagi. Adanya nutrisi tersebut bisa membuat bahan dapur ini memiliki potensi baik untuk tubuh. Itulah beberapa manfaat yang dihadirkan oleh bawang Bombay dalam menjaga kesehatan. Maka, taka da salahnya untuk menghadirkan bahan ini pada setiap masakan, untuk menunjang kondisi tubuh lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar