Waspadai Genset Anda Jika Terjadi Hal Berikut

Waspadai-Genset-Anda-Jika-Terjadi-Hal-Berikut

Hal umum yang sering terjadi pada genset yaitu overspeed, karena adanya beberapa gangguan pada sistem injeksi bahan bakar mesin genset. Karena, sama dengan hal lainnya, genset juga memiliki batasan putaran dalam bekerja. Oleh karena itu, gunakan genset dengan kekuatan dan daya yang maksimal sesuai dengan kebutuhan. 
 
Tetapi sewaktu-waktu mesin dapat mengalami putaran berlebih, sehingga akan mengalami overspeed. Overspeed adalah suatu keadaan dimana mesin mengalami peningkatan kecepatan putaran dari batas normal. Untuk mengecek overspeed, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap frekuensi suara dari suara mesin yang dihasilkan oleh mesin genset Anda. Jika Anda mendengar frekuensi suara kebisingan mesin terus mengalami kenaikan, maka dapat dipastikan bahwa mesin genset Anda mengalami overspeed, dan menjadi tak terkendali, atau bahkan bisa meledak. Berikut merupakan penjelasan bagaimana overspeed pada genset serta penanganannya secara cepat. 

Penyebab terjadinya overspeed yaitu karena terdapat beberapa ganggunan pada sistem injeksi bahan bakar mesin genset. Gangguan yang sering terjadi pada injeksi bahan bakar kebanyakan karena mekanisme sistem yang aus dan juga bisa karena bahan bakar yang akan dimasukkan telah kotor atau sudah tercampur air. 
  1. Penanggulangan pada genset yang mengalami overspeed yaitu hal pertama yang Anda lakukan ketika genset mengalami overspeed adalah langsung menghentikan dan menutup pasokan bahan bakar ke mesin genset Anda melalui kran valve bahan bakar. Jika hal ini tidak langsung diatasi, bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Dengan melakukan penutupan lubang intake filter udara sampai mesin menjadi kedap udara dan mati (khusus untuk mesin kapasitas kecil). Hal ini dilakukan, agar tidak memperparah keadaan, karena frekuensi suara yang ditimbulkan akan bertambah tinggi.
Oleh karena itu, agar mencegah terjadinya overspeed pada mesin genset yaitu selalu memperhatikan dan pastikan bahan bakar pada genset selalu terisi dengan sesuai, dan tidak tercampur dari bahan lain. Sehingga genset bisa beroperasi dengan aman. 
 
Lakukan pengecekan genset dan panaskan sekali dalam seminggu, dan untuk mengetahui rental genset Anda bisa mengunjungi https://sewatama.com/id/ untuk kejelasan yang lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar